Rakor KPU DKI Bersama Parpol Jelang Pilgub DKI

Komisi Pemilihanan Umum Daerah (KPUD) DKI menggelar pertemuaan sekaligus melakukan koordinasi bersama seluruh perwakilan partai politik (parpol) guna membahas persyaratan dan tata cara pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017.

Hari ini KPU DKI mengundang pimpinan parpol untuk membahas dua hal sesuai dengan UU pemilih yang masuk ke dalam pemuktahiran, seperti tata cara pencalonan dan syarat pencalon. Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Abraham Lunggana atau biasa disapa H Lulung hadir dalam pertemuan koordinasi tersebut. KPU DKI saat ini sedang mempersiapkan pemuktahiran untuk daftar pemilih pada 8 Sepetember-7 Oktober 2017.

Adapun untuk pendaftaran pasangan calon yang akan dilaksanakan antara 19-21 September 2016, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan pasangan calon yang dilakukan hingga 25 September 2016. Kemudian, KPU DKI akan melakukan penetapan pasangan calon dan nomor urut pada 22 Oktober 2016. Sedalangkan pelaksanaa Pilgub DKI 2017, dilaksanakan pada 15 Februari.

 

Sumarno mengaku bahwa saat ini ada partai yang sedang bersengketa, yaitu PPP. Oleh karena itu, KPUD akan menerima berkas pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI jika kepengurusan partai yang sedang bersengketa telah melakukan penyerahan persyaratan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaitu pada 19 sampai 25 September 2016.

Sementara itu, Sumarno menjelaskan, KPUD menunggu arahan KPU Pusat yang akan memutuskan kepengurusan partai yang memang sudah diakui hukum. Sehingga, partai dapat memberikan satu suara untuk pencalonan di Pilgub 2017.

Dikutip dari berita Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s